Laman

Senin, 06 Februari 2017

3 Hal Pertama yang Harus Dipikirkan Ketika Merencanakan Pernikahan

Menikah adalah momen yang membahagiakan. Tak ayal banyak sekali rencana di dalam kepala yang ingin diwujudkan untuk mencapai pernikahan impian, terutama bagi calon mempelai. Akan tetapi ketika akan memulai merencanakan, tiba-tiba blank aja, apa sih yang harus dikerjakan dulu. Karena banyak banget ya yang ada dipikiran, Udah deh ngaku aja hehe. Nah, berikut 3 hal yang harus dipikirkan dan dibahas di awal merencanakan sebuah pernikahan:

3 hal yang dibahas di awal rencana nikah


1. Tanggal Pernikahan

Hal terpenting dari acara pernikahan, tentu saja tanggal pernikahan. Karena awal dari semua persiapan tergantung pada hal ini. Bayangkan jika belum ada tanggal pernikahan, bagaimana kita mau mencetak undangan dan booking vendor-vendor pernikahan lainnya. Walau kita udah punya pilihan katering mana yang kita pilih, perias mana yang kita suka, gedung mana yang kita incar dan lain-lain, kalau belum ada tanggal pastinya sama aja bohong. Bagaimana kita mau mengikat 'kontrak' dengan para penyedia jasa tersebut kalau tanggalnya saja belum jelas?

So, tentukan tanggal pernikahanmu, bicarakan dengan para orang tua. Jangan sampai terjadi salah satu pihak orang tua atau keluarga ada yang tidak cocok dengan tanggal pilihan kalian. Pernikahan juga penggabungan dua keluarga menjadi satu, jadi bicarakan dengan baik-baik.

2. Dana

Pernikahan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Walau pun mungkin berusaha diadakan sesederhana mungkin. Bicarakan bersama-sama berapa dana yang dialokasikan untuk pernikahan, dari situ bisa langsung menentukan pos-pos pengeluaran apa saja yang diperlukan dan berapa dana untuk pos-pos tersebut.

Jangan lupa dana cadangan untuk hal-hal kecil yang tidak terduga. Walau butuhnya sedikit tetapi kadang printhilan-printhilan itu kalau digabungkan jadi banyak lo hehe

3. Jumlah Tamu

Jumlah tamu yang diundang jelas berpengaruh besar terhadap anggaran. Mulai dari jumlah undangan, jumlah souvenir dan tentu yang paling banyak adalah biaya untuk makanan. Dari tiga pos anggaran tersebut, yang terbesar adalah pos anggaran untuk makanan.

Jadi, bijaklah dalam mengundang saudara dan teman. Karena semakin banyak Anda mengundang tamu semakin banyak pula biaya yang diperlukan.

Masak cuma 3 sih, mbak? Ya pasti ada lagi dong tapi untuk di awal rencana, 3 hal ini yang paling berpengaruh menurut saya. Bagaimana menurut kamu?

3 komentar:

  1. calonnya mbak, calonnyaaaa... hehe

    BalasHapus
  2. Calon sama restu nya juga penting mba. Hahhaha.. Tapi bener kok 3 hal itu dulu, dan pengeluaran biaya konsumsi yg paling juaraaaaaaaak!!!

    BalasHapus
  3. yang penting calonnya dulu, mba. hahaha. biar ga salah ngasih nama di undangan xD

    BalasHapus